Percetakan dan Ragam produknya


Percetakan, Di era modern kini kehidupan kita tidak dapat dilepaskan dari produk-produk percetakan, sejak kita bangun tidur hingga kembali ke tempat tidur untuk istirahat malam, kehidupan kita sehari-hari selalu menggunakan berbagai hasil dari produksi percetakan.

Untuk Membeli berbagai kebutuhan, kita menggunakan uang kertas sebagai alat tukar dan uang tersebut merupakan output dari Percetakan tepatnya hasil produksi dari Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI), saat membeli berbagai makanan di toko kita temukan berbagai produk mi instan, kopi, snack, dan berbagai minuman. semua produk tersebut dikemas dalam kemasan yang menarik dengan berbagai material, kemasan tersebut tidak terwujud tanpa melalui proses percetakan. Buku-buku dan Alqur'an yang kita baca, Ijazah, sertifikat, kartu nama, ATM, ID Card, kalender, Brosur, Flyer, Majalah, tabloid, dan Buletin semuanya adalah hasil produksi percetakan.

Ditinjau dari Penggunaannya, Produk percetakan dibagi menjadi 5 yaitu:

  • Pers, Yang masuk dalam kategori ini adalah Hasil Percetakan seperti: Surat kabar, majalah, buletin dan tabloid.
  • Kemasan, Semua produk kemasan yang digunakan untuk membungkus atau mengemas produk makanan dan minuman, termasuk dalam kategori ini, sering disebut juga dengan Packaging, dan produk percetakan ini memiliki kategori yang lumayan banyak, kemasan yang terbuat dari kertas, packaging terbuat dari plastik bahkan ada yang terbuat dari rubber/karet. Dan kadangkala dalam 1 produk menggabungkan dengan kemasan yang terbuat dari kertas dan plastik sekaligus untuk semakin menarik minat pembeli, tentu saja tidak semua Percetakan mampu membuat hasil packaging yang kompleks ini. Hanya percetakan yang memiliki fasilitas lengkap yang dapat membuatnya.
  • Promosi, hasil percetakan dalam kategori promosi in adalah, flyer, brosur, selebaran, spanduk, baliho dan umbul-umbul.
  • Stationery, kantor-kantor adalah lembaga yang paling banyak menggunakan produk percetakan ini, diantaranya kop surat, kartu nama, faktur, nota dan surat jalan
  • Surat Berharga, Ini adalah jenis produk percetakan dengan tingkat keamanan/security yang paling tinggi karena dibuat dengan teknologi tercanggih dan diproduksi agar tidak mudah ditiru atau dipalsukan. Produk percetakan ini seperti: uang kertas, Ijazah, Buku tabungan, Surat Giro, Cek, dan Sertifikat.


 

Minimizing Mistakes


Pada proses percetakan ada beberapa tahap yang harus dilakukan mulai dari desain, pembuatan film, dan atau pembuatan plat, Print/Cetak, hingga finishing. Tulisan ini ditujukan bagi para desainer yang mendesain sebuah pekerjaan untuk dikirimkan ke percetakan, berdasarkan pengalaman kami masih sering didapati terjadinya kesalahan-kesalahan final file ready to print, berikut beberapa kesalahan yang seringkali terjadi: resolusi yang rendah, layout yang tidak diberikan bleed, font yang tidak disertakan atau tidak melakukan convert to path or convert to outline.

Kenapa desain kami tidak bisa dicetak?
Seringkali kami mendapatkan pertanyaan senada di atas ketika proses percetakan memasuki tahap prepress/pra cetak, karena percetakan malini menerima order dari berbagai wilayah di Indonesia maka untuk mempercepat proses pengiriman file dan customer approval dilakukan melalui email. Untuk mempercepat proses upload file beberapa klien mengirimkannya dalam format JPEG dengan resolusi yang rendah (72, atau 90 pixels/inch), alhasil karena resolusi yang kurang tersebut maka file tersebut tidak dapat kami proses untuk pembuatan film atau plat.

Berapakah resolusi yang dibutuhkan?
Untuk menghasilkan kualitas yang baik pada proses pembuatan plat maka resolusi yang dibutuhkan pada format jpeg adalah 300 pixels/inch, di photoshop dapat dilihat di image size dialog box. (bersambung)






Website Services


Consultancy

Support

Web Design

Domains

Corporate ID


Logo Design

Business Card

Print Design


Book

Magazine

Brochures

Banner

Packaging